Finger Painting Pada Anak SD


Tugas 2. Praktek
Finger painting
Finger Painting berasal dari bahasa Ingris, Finger artinya jari sedangkan Painting artinya melukis. Jadi Finger Painting adalah melukis dengan jari. Finger painting adalah teknik melukis dengan mengoleskan kanji pada kertas atau karton dengan jari atau telapak tangan.dalam aktifitas ini dapat digunakan berbagai media dan warna, dapat menggunakan tepung kanji, adonan kue, pasir dan sebagainya.             
Finger Painting adalah melukis dengan jari, melatih pengembangan imajinasi, memperhalus kemampuan motorik halus, dan mengasah bakat seni, khususnya seni rupa.Untuk melatih koordinasi tangan dan matanya, selain kesempatan berlatih menggambar, anda juga dapat melatih si kecil melalui kegiatan-kegiatan sederhana seperti Finger Painting atau menulis dengan jari diatas karton. Finger Painting ini dapat mempergunakan berbagai media dan warna, dengan menggunakan tepung kanji, adonan kue, pasir dan sebagainya.Aktifitas ini penting dilakukan sebab akan memberikan sensasi pada jari sehingga dapat merasakan control gerakan jarinya dan membentuk konsep gerak membuat huruf.

Manfaat Media Finger Painting.
Dalam melakukan aktivitas melukis dengan jari, bukan hanya tangan saja yang bergerak tetapi seluruh tubuh. Hal ini sebagai cara untuk melatih keterampilan motorik halus terutama bagi anak-anak. Terdapat beberapa manfaat yang bisa dipelajari dari media fingerpaint ini di antaranya:
  1. Finger painting sebagai alat membantu anak dan orang dewasa. Alat bantu media ialah media untuk mengekspresikan emosi mereka.
  2. Finger painting dapat membantu atau membuat anak dan remaja duduk diam dalam waktu lima menit atau lebih. Apabila anak telah melakukan kegiatan melukis dengan menggunakan media fingerpaint maka tidak akan terlalu hiperaktif. Hal ini disebabkan ada sesuatu hubungan antara tindakan fisik dari menyentuh cat dengan sesuatu di dalam diri mereka.
  3. Finger painting juga mempunyai kandungan sepiritual, seperti yoga. Selain media lukis, fingerpaint juga melatih kita untuk berkonsentrasi.
  4. Finger painting mempunyai potensi untuk spiritual dan kesehatan psikologi. “Aktivitas yang baik untuk meningkatkan kepercayan diri dan dapat digunakan secara maksimal untuk pengekspresian diri”

Tujuan dari kegiatan ini adalah
a.       Dapat melatih motorik halus pada anak yang melibatkan gerak otot-otot kecil dan kematangan syaraf.
b.      Mengenal konsep warna primer (merah, kuning, biru). Dari warna-warna yang terang kita dapat mengetahui kondisi emosi anak, kegembiraan dan kondisi-kondisi emosi mereka.
c.        Mengenalkan konsep pencampuran warna primer, sehingga menjadi warna yang sekunder dan tersier.
d.      Mengenalkan estetika keindahan warna.
e.       Melatih imajinasi dan kreatifitas anak.
Jenis-jenis teknik finger painting
Terdapat beberapa jenis dan teknik finger painting, diantaranya:
1. melukis menggunakan tangan, yaitu anak bebas untuk melukis menggunakan tangannya dikertas. Alat dan bahan yang digunakan yaitu tepung kanji yang dicampur dengan pewarna. Anak bebas untuk membentuk sesuatu dengan tangannya ssehingga dari warna-warna tersebut akan membentuk warna baru. Dari sinilah anak akan belajar menciptakan warna baru.
(gambar)
2. melukis dengan melipat kertas, yaitu melukis hanya dengan melipat kertas yang ditambah warna sehingga membentuk sesuatu. Langkah-langkah pembuatannya yaitu:
a. sediakan kertas gambar, pewarna cat air, dan penggaris.
b. lipat kertas menjadi dua sehingga simetris
c. tambahkan cat air bermacam-macam warna pada salah satu sisi kertas sedikit-sedikit
d. tutup kertas dengan sisi kertas satunya dengan tepat
e. gunakan tangan atau penggaris untuk menarik warna-warna yang ada pada kertas. Menariknya dapat kearah atas, bawah, dan samping. Dapat juga dengan memutar.
f. buka perlahan kertas kembali, dan lihat hasilnya
g. karya dapat dipajang di kelas.
3. melukis dengan menggunakan sedotan, yaitu teknik melukis dengan menggunakan sedotan dengan mengisi warna dari cat air. Langkah melukisnya yaitu:
a. sediakan kertas gambar, cat air, dan sedotan.
b. masukkan cat air ke dalam sedotan
tiup sedotan di atas kertas gambar
c. lakukan berulang-ulang dengan menggunakan warna yang berbeda-beda
d. karya dapat dipajang dalam kelas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar