Minggu, 23 Maret 2014

Belajar Membatik Sederhana


Ni Kadek Candra Waisnawati
6E
PGSD
1111031199
Pertemuan ke 4. Praktek


Membatik sederhana
Batik dikalangan anak- anak (terutama anak SD) tidaklah menakutkan. Sama seperti melukis di buku gambar, tapi bedanya disini batik menggunakan lilin(malam) atau krayon sebagai perantaranya dan cat air sebagai pembeda warnanya. Batik, satu kekayaan negeri ini yang wajib kita kenal lebih dalam, karena ini adalah milik kita sebagai anak negeri. Dalam perkuliahan seni rupa saya dapat mengenalnya lebih dekat, dan setelah berhasil membuat selembar kain batik ternyata aku lebih mencintainya.
Pada anak SD membatik dapat mulai diajarkan sejak berada di kelas rendah dengan pembelajaran tematik yaitu dapat menggabungkan pelajaran seni, IPA, dan bahasa Indonesia.
-          Pada pelajaran seni rupa dari membatik anak akan diajarkan ragam hias pada seni membatik,
-          Pada pelajaran IPA anak akan dikenalkan pada media membatik seperti pewarna, bagaimana sifat warna. Media berupa kain atau kertas anak akan belajar melihat proses membatik pada kain. Kain yang biasanya digunakan adalah kain mori. Kemudian lilin, anak akan belajar fungsi lilin pada membatik. Dalam membatik Lilin digunakan pada sebagai media penerapan ragam hias desain batik dan berfungsi sebagai bahan perintang warna. Maksudnya adalah pada saat salah satu sisi pola diberi lilin kemudian kain dicelupkan pada cairan cat warna maka bagian yang ditutupi oleh lilin tidak akan berubah warna, begitu pun jika pola lainnya diberi lilin dengan warna lainnya setelah dicelupkan dalam cairan cat warna maka pola batik yang ditutupi lilin tidak akan berubah warnanya. Jenis lilin batik bermacam-macam sesuai dengan fungsi dan kegunaannya dilihat dari segi kekuatan dan luas bidang yang akan dirintangi. Dengan adanya prinsip batik seperti diatas maka pada pelajaran seni rupa ini dapat digunakan lilin biasa atau menggunakan krayon dan menggunakan kertas gambar sebagai medianya.
-          Pada bahasa Indonesia anak akan belajar berbicara dari proses membatik, dan dapat menyimpulkannya.
  

Langkah-langkah membatik
Langkah pertama adalah menggambar pola di atas kain mori atau diatas kertas gambar, gambar pola bebas ditentukan sesuai keinginan kami. Dengan memberikan sisi-sisi dipinggiran dan pola lain di tengahnya.
Langkah berikutnya adalah menggunakan lilin atau krayon dalam menebalkan pola. Usahakan jangan hanya membuat pola bergaris tetapi buat pola yang penuh dengan warna. Tetapi yang harus di ingat, warna pola pada krayon usahakan kontras dengan warna cat air nantinya agar dapat melihat hasilnya.
Langkah berikutnya setelah semua pola ditebalkan adalah memberikan cat air di atas pola. Warna cat air bebas tetapi haruskontras dengan warna lilin atau krayon, pada saat memberikan cat cair jangan hanya yang tidak terdapat pola tetapi keseluruhan kertas diberi cat air begitu juga pola yang telah diberi lilin. Jangan mengulang-ulang pada tempat sama karena dapat merusak warna. Lakukan sampai semua pola terkena cat air.
Langkah terakhir adalah menjemur agar cat air dapat kering, dan lihat hasilnya. Pola yang ditutupi oleh lilin tidak akan berubah warna. Karya membatik sederhana yang telah saya praktekan sebagai berikut





.






2 komentar: